Dampak Luar Biasa Keterlibatan Ayah dalam Merawat Anak


Dalam kehidupan berkeluarga, peran ayah tidak hanya sebagai pencari nafkah dan pemimpin keluarga, tetapi juga punya andil dalam membantu ibu merawat anak. Seperti disampaikan Praktisi Neurologi Terapan, Anne Gracia, keterlibatan ayah dalam menjaga dan merawat anak sedari bayi akan memberikan dampak berbeda dengan ayah yang sibuk dan jarang menyentuh anak.
"Khususnya pada 0-6 bulan pertama, bayi yang kerap mendapat perawatan dari ayahnya terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh perawatan dari sang ayah," ujar Anne Gracia di Jakarta, Jumat (24/7).
Bentuk stimulasi dini yang dapat dilakukan ayah untuk merangsang kecerdasan anak adalah melalui kombinasi tekanan, gerak, dan energi. Hal ini dapat dilakukan ayah dengan memandikan dan memijat sang buah hati.
"Dua kegiatan tersebut juga merupakan momen ceria yang indah dan menyenangkan antara ayah-anak, sehingga dapat meningkatkan kedekatan emosional," ungkap Anne.
Sebuah penelitian dari Oxford Universiy yang diterbitkan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry pada tahun 2012 juga membuktikan, apabila seorang ayah lebih banyak berinteraksi dengan anaknya, maka anak tersebut akan berkembang positif, terutama dalam hal kondisi psikologis, yakni mereka menjadi lebih bahagia.
Herman/NAD

Sumber: http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/293511-dampak-luar-biasa-keterlibatan-ayah-dalam-merawat-anak.html
Latest
Previous
Next Post »